hadis hasan

HADIS HASAN
Pengertian
Secara etimologi hasan berarti baik, bagus. Sedangkan secara terminologi hadis hasan adalah hadis yang diriwayatkan oleh rawi yang adil, kurang dlabith, sanadnya bersambung, selamat dari syadz dan ‘illat yang tercela.
Dari definisi di atas, yang membedakan antara hadis shahih dan hasan adalah dari segi kedlabithannya. Hadis shahih mensyaratkan taam al-dlabith (kuat/sempurna hafalan), sedangkan hadis hasan, khafif al-dlabith (kurang kuat/lemah hafalan).

 

Klasifikasi
Sebagaimana hadis shahih, hadis hasan terbagi menjadi dua macam yaitu hasan li dzatihi dan hasan li ghairihi.
Hasan li Dzatihi
Li dzatihi artinya karena dzatnya atau dirinya. Definisi tentang hadis hasan li dzatihi sebagaimana pengertian hadis hasan di atas.
Hasan li Ghairihi
Li ghairihi artinya karena yang lainnya. Sehinngga definisi hadis hasan li ghairihi adalah satu hadis menjadi hadis hasan karena dibantu dari jalan lain. Secara istilah dirumuskan hadis hasan li ghairihi adalah hadis dhaif apabila sanad-sanadnya banyak yang satu menguatkan yang lain, dan rawinya tidak pendusta atau dituduh dusta.
Contoh-contoh Hadis Hasan
Contoh Hadis Hasan li Dzatihi
حَدَّثَنَا اَبُوكُرَيْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍوعَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ ابي هريرة قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَ ةٍ .(الترمذي)
Terjemah:
(Kata Tirmidzi): “Telah menceritakan kepada kami, Abu Kuraib, telah menceritakan kepada kami Abdah bin Sulaiman, dari Muhammad bin Amr, dari Abi Salamah, dari Abi Hurairah ia berkata: telah bersabda Rasulullah saw, “Jika aku tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak pada saat setiap hendak shalat.”
Jika diteliti sanad hadis ini, dari Tirmidzi sampai kepada Nabi saw semua bersambung, yakni setiap rawi mendengar atau mendapat khabar langsung dari gurunya. Rawi pertama sampai terakhir semua adil dan dlabith, kecuali Muhammad bin Amr, seorang yang adil tetapi kedlabithannya kurang, karena lemah hafalannya. Hadis tersebut tidak ada kejanggalan (syadz) dan cacat (‘illat).
Oleh karena ada Muhammad bin Amr tersebut, hadis tersebut dinamakan hasan li dzatihi.
Contoh Hadis Hasan li Ghairihi
(الترمذي)حَدَّثَنَا اَحْمَدُابْنُ مَنِيْعٍ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي زِيَادٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقّاً عَلَى الْمُسْلِمِينَ أَنْ يَغْتَسِلُوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ
Terjemah: (kata Tirmidzi): Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani’, telah menceritakan kepada kami Husyaim, dari Yazid bin Abi Ziyad, dari Abdurrahman bin Abu Laila, dari al-Bara’ bin `Azib, ia berkata, telah bersabda Rasulullah saw: “Sesungguhnya satu kewajiban atas orang-orang Islam mandi pada hari Jum’at.”
Sanad hadis tersebut adalah; Tirmizdi, Ahmad bin Mani’, Husyaim, Yazid bin Abi Ziyad, Abdurrahman bin Abi Laila, Bara’ bin `Azib, Rasulullah saw.
Rawi-rawi yang ada dalam sanad ini, semua orang kepercayaan, kecuali Husyaim terkenal sebagai mudallis (rawi yang menyamarkan). Oleh karena itu, maka sanadnya dianggap tidak terlalu lemah, karena merupakan orang kepercayaan.
Tetapi hadis ini juga dikuatkan dengan sanad lain, riwayat Tirmidzi juga, yakni; Tirmidzi, Ali bin Hasan al-Kufi, Abu Yahya Ismail bin Ibrahim at-Taimi, Yazid bin Abi Ziyad, Abdurrahman bin Abi Laila, Bara’ bin Azib, Rasulullah saw.
Rawi-rawi dalam sanad ini semua juga merupakan orang kepercayaan, kecuali Abu Yahya, seorang yang dianggap lemah, tetapi boleh diterima hadis yang ia riwayatkan.
Oleh karena sanad yang pertama tersebut dibantu oleh sanad kedua, maka hadis tersebut dinamakan hadis hasan li ghairihi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s